Pembahasan Chapter 4

Isu Legal

Industri komputer saat ini sedang menghadapi tantangan yaitu pembajakan software, pencontekan secara ilegal, dan distribusi software secara ilegal. Ini telah menjadi isu ekonomi dimana potensial pendapatan menghilang atau dicuri dan masalah hak cipta intelektual. Pembajakan software merupakan suatu situasi yang sulit dan sangat kompleks. Pada dasarnya peraturan dapat digunakan melawan pembajakan tapi pada prosesnya masyarakat tidak membantu dalam pelaksanaannya. Isu & ndash; isu legal juga berkaitan dengan persetujuan lisensi, terutama dengan jaringan yang menghubungkan banyak komputer di ruang kerja atau sekolah. Masyarakat harus berusaha melindungi dengan sebaik mungkin hasil pemikiran seseorang dan itu sangat mahal harganya.

Y2K

Y2K, yang pada tahun 2000 disebut sebagai Millenium Bug, adalah singkatan dari Year 2 Kilo yang artinya tahun 2000. Nah, apanya sih yang aneh dari tahun 2000 lalu? Toh saat itu nggak kiamat kan? Y2K sendiri adalah kesalahan perhitungan oleh komputer yang disebabkan oleh sistem penyimpanan tanggal yang hanya menyediakan dua digit untuk tahun, dengan asumsi bahwa kedua digit pertama adalah “19”. Sistem ini diterapkan sekitar tahun 60-an dengan tujuan menghemat biaya penyimpanan. Contoh: kalau misalkan tahun 1998, di komputer akan ditulis 98 saja. Kalau 1999, ditulis di komputer 99 saja. Nah, kalau tahun 2000 gimana? Tentunya akan tertulis 00. Inilah yang menjadi kekhawatiran, karena dalam komputer yang menggunakan chip dengan sistem di atas, 00 dianggap sebagai tahun 1900.

Kesalahan ini dikhawatirkan akan menyebabkan bencana besar karena komputer juga digunakan untuk mengatur fasilitas-fasilitas penting seperti PLTN dan pesawat terbang. Sebagai akibatnya banyak perusahaan di seluruh dunia mengadakan pembaharuan di bidang komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras untuk mencegah hal ini. Walaupun kemudian terbukti bahwa tidak ada bencana besar yang memakan korban jiwa, Y2K menyebabkan cukup banyak kesalahan, misalnya kartu kredit yang ditolak karena masa berlakunya habis tahun 2000, tapi dibaca komputer sebagai 1900.

Intelegensi Buatan

Merupakan pengembangan dari sistem komputer yang menduplikasi bagian terpenting dari manusia yaitu otak. Dalam isu Inteligensi Buatan menyangkut beberapa hal, yakni: Natural Language Processing Merupakan komunikasi antara manusia dengan komputer. Komputer dapat mengerti ‘bahasa’ manusia sebagai suatu perintah (command).

Speech Recognition Adalah bagian dari proses berbicara , membuat komputer menjadi mengerti kata – kata yang diucapkan oleh manusia. Dengan memprogramnya di komputer. Kemudian komputer dapat menjawab. Dapat juga diprogram untuk mengucapkan kata yang diinginkan dengan mengetiknya di keyboard. Komputer dapat juga menganalisa melalui dokumen.

Expert systems Merupakan sistem yang canggih yang dapat membantu di bidang kesehatan, manufaktur,dll. Komputer dapat berpikir dan menentukan suatu keputusan dalam mengerjakan sesuatu dengan diprogram. Dapat membantu dalam hal :

§ Mengisi informasi yang kurang

§ Bekerja dalam bidang dimana masih sedikit orang ahli

§ Mencegah apabila pengetahuan dan pengalaman yang mungkin hilang karena para ahlinya meninggal.

Sistem ini tetapi memiliki kekurangan karena bergantung dari informasi yang diberikan, peraturan yang mengatur sistem ini.

Computer Vision Tempat dimana gambar, yang dihasilkan oleh kamera analog, didigitalkan dan dianalisa oleh komputer. Hal ini hampir sama dengan sistem kerja otak dengan mata manusia. Contohnya adalah robot autonomous di luar angkasa untuk mengeksplorasi suatu planet.

 

Respon

Jika dilihat dari perkembangan teknologi sejak tahun 2000 hingga 2011, menurut saya jika kita tidak teliti dalam pengembangan teknologi, maka akan sangat mudah terjadi seperti kasus Y2K(Year 2 Kilo), dan hal ini sangat berbahaya sekali, mengingat beberapa waktu yang lalu telah terjadi pembocoran berbagai dokumen – dokumen rahasia negara dari WiliLeaks. Disamping itu, perkembangan teknologi membuat lebih mudahnya tejadi berbagai ilegal – ilegal, seperti pembajakan software komputer, perangkat keras dan lain – lainnya. Meskipun semua negara telah memiliki Undang – undang tentang pembajakan teknologi, namun hal itu percuma saja, karena di pasar masih beredar berbagai barang – barang yang non-original. Namun disamping itu, ada beberapa kemudahan yang diberikan seiring berkembanganya teknologi di masa kini, yakni dapat membantu kita untuk mengatasi berbagai kesulitan dalam melakukan setiap hal, baik itu melakukan interaksi, komunikasi dan lain – lainnya, seperti halnya Human Computer Interface yakni penemuan yang membuat manusia dimudahkan dalam perkejaannya dengan komputer, seperti electronics message, copy paste dll. Kemudian Expert System, yakni penasihat komuter. Expert System merupakan program komputer yang membantu di bidang medis, pabrik dan bidang lainnya dan yang terakhir adalah Computer Vision, yakni dapat didefinisikan dengan kemampuan komputer untuk menganalisa mata dan wajah secara digital.

 

Lingkungan Produksi: Personalisasi Komputer, Teknologi Digital, dan Sistem Video Audio

 

Dunia siaran dan nonbroadcast telah dipengaruhi oleh komputer dan teknologi digital. Beberapa dari efek ini telah mencakup sebagai berikut:

• pengenalan sistem audio baru.

• adopsi luas digital dan tapeless sistem rekaman.

• kelahiran ruang berita elektroni.

• kemampuan untuk menciptakan efek visual yang mengagumkan.

• dorongan untuk produksi semua digital.

Fasilitas

Item terakhir bisa dianggap sebagai sebuah evolusi proses. Peralatan digital awalnya harus beroperasi secara analog, namun seiring pertumbuhan semua digital, maka hal tersebut akan membalikkan situasi yang telah terjadi misalnya, sinyal kamera video akan segera didigitalkan dengan model Wifi maupun WLAN. Proses ini akan mengefisienkan operasi tertentu dan bisa membantu melestarikan integritas sinyal video tersebut. Dari keunggulan yang telah berkembang sedemikian pesat membuat para insinyur untuk terus mengembangkan berbagai rancangan fasilitas digital seperti ini. Perkembangan ini juga melengkapi penciptaan fasilitas terintegrasi yang dapat mengikat berbagai Peralatan dan sistem dalam terpusat komunikasi dan jaringan kontrol. Meskipun sistem yang berdiri sendiri ini akan terus digunakan, tren ini sebenarnya menyatukan elemen-elemen, yang mungkin terjadi dengan otomatis dalam sebuah stasiun media massa atau stasiun – stasiun lainnya. meskipun memiliki alat-alat yang kuat, mereka masih membutuhkan input manusia. Untuk sistem grafis, jelas menuntut kreativitas dan kemampuan untuk memvisualisasikan grafis serta keterampilan dan pertimbangan estetika untuk mengeksekusi sebuah produk akhir.

 

Respon

Seperti halnya beberapa pengembangan yang terjadi dalam 10 tahun terakhir ini jelas membuat berbagai hal yang ada didunia ini tersentuh oleh teknologi, seperti halnya yang telah dijelaskan diatas, seperti audio video, sistem desain grafis dan berbagai perangkat sistem komunikasi yang ada. Kemudian disamping itu terjadi konvergensi media yang memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan para pengguna.

 

Referensi:

http://www.4shared.com/document/YLQt4FB2/kel_1.html

http://magazinesofthebeginer.blogspot.com/2010/04/y2k-masalah-besar-tahun-2000.html

Materi pertemuan 4 mata kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi binus maya